UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENIS MEJA MELALUI METODE PEMBELAJARAN TERBIMBING DAN DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VII UPT SMP NEGERI 7 SATAP SEKO

MAHAMUDDIN, M (2021) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENIS MEJA MELALUI METODE PEMBELAJARAN TERBIMBING DAN DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VII UPT SMP NEGERI 7 SATAP SEKO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS NUHAMMADIYAH PALOPO.

[img] Text
SAMPUL-dikonversi.pdf

Download (114kB)
[img] Text
PENGESAHAN-dikonversi.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB 1-5-dikonversi.pdf

Download (707kB)
[img] Text
lampiran ku-dikonversi.pdf

Download (3MB)

Abstract

MAHAMUDDIN, 2020 “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tenis Meja Melalui Metode Pembelajaran Terbimbing Dan Demonstrasi Pada Siswa Kelas VII UPT SMP Negeri 7 Satap Seko. Kecamatan Seko Kabupaten Luwu Utara”. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Program Studi Pendidikan Jasmani. Kata Kunci : Pembelajaran Terbimbing Dan Demonstrasi. Hasil Belajar Siswa. Tenis Meja. Tujuan penelitian ini ialah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tenis meja pada siswa kelas VII UPT SMP Negeri 7 Satap Seko. Melalui metode pembelajaran terbimbing dan demonstrasi. Penelitian ini merupakan. Penelitian Tindakan Kelas PTK. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ialah siswa kelas VII, yang berjumlah 28 siswa/i 16 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Sumber data berasaldari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data ialah dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode pembelajaran terbimbing dan demonstrasi, dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II. Dapat dilihat peningkatan terjadi pada siklus I aktivitas dan motivasi siswa dan hasil belajar siswa meningkat, walaupun belum optimal. Pelaksanaan siklus II menyebabkan aktivitas dan motivasi siswa, dan hasil belajar siswa atau ketuntasan belajar siswa meningkat sebesar 21,42% dari siklus I sebesar 64,29% dan siklus II menjadi 85,71%. Kemampuan siswa untuk psikomotorik, afektif dan kognitif juga mengalami peningkatan sebesar 20,59 capaian rata-rata klasikal siswa 74,29 dengan kategori cukup pada siklus I, menjadi 94,88 dengan kategori baik sekali pada siklus II. Dengan demikian metode pembelajaran terbimbing dan demonstrasi dapat mendukung suatu pembelajaran yang sangat berkualitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorFIRMANSYAH DAHLAN, FNIND090408803
Thesis advisorRASYIDAH JALIL, RNIND0920059202
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: mahmuddin nim 1685201045
Date Deposited: 16 Oct 2023 14:41
Last Modified: 16 Oct 2023 14:41
URI: http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/945

Actions (login required)

View Item View Item