UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAKBOLA MELALUI MEDIA DINDING PADA SISWA KELAS VIII MTsN MODEL PALOPO

Hamka Putra, Imam UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAKBOLA MELALUI MEDIA DINDING PADA SISWA KELAS VIII MTsN MODEL PALOPO. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING KAKI BAGIAN DALAM iPADA iPERMAINAN iSEPAKBOLA i MELALUI MEDIA DINDING PADA SISWA KELAS VIII MTsN MODEL PALOPO. (Submitted)

[img] Text
JURNAL IMAM HAMKA.pdf - Submitted Version

Download (370kB)

Abstract

Passing merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan sepakbola yang digunakan untuk mengopor bola pada teman satu tim untuk membantu dan membangun serangan kearah ipertahanan lawan dengan menggunkan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, tumit, dan ujung kaki. Berdasarkan observasi yang idilakukan di MTsN Model Palopo pada kelas VIII B dalam mengikuti pembelajaran permainan sepakbola pada saat melakukan passing khususnya passing kaki pada bagian dalam. Nilai rata-rata siswa kelas VIII B dalam pelajaran sepakbola teknik dasar passing dengan kaki bagian dalam masih rendah berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minumum (KKM) yaitu 75. Terdapat 17 siswa yang mendapatkan nilai di bawa KKM 75 dan ihanya i15 isiswa imendapat inilai i75 idari ijumlah i32 isiswa. iBerdasarkan ihasil iobservasi itersebut idapat idisimpulkan ibahwa ilebih idari i50% isiswa imemiliki inilai irendah idalam ipembelajaran isepakbola iteknik idasar ipassing ikaki ibagian idalam. iTujuan idalam ipenelitian iini iyaitu iuntuk imengetahui iapakah imedia idinding idapat imeningkatkan ihasil ibelajar ipassing ikaki ibagian idalam ipada ipermainan isepakbola imelalui imedia idinding ipada isiswa ikelas iVIII iMTsN iMODEL iPalopo. iPenelitian itindakan ikelas iyang itelah idilaksanakan ipada ipembelajaran ipendidikan ijasmani idalam isepakbola imenggunakan imedia idinding imampu imeningkatkan ihasil ibelajar idan imeningkatkan ihasil ibelajar isiswa iselama ipembelajaran iberlangsung. iKetuntasan ihasil ibelajar isiswa ipada isetiap isiklus idirata-rata idari iaspek ikognitif i43,75%, iaspek iafektif i75,00% idan iaspek ipsikomotor i43,7%. ipada isiklus iI. iSiklus iII iKetuntasan ihasil ibelajar isiswa ipada isetiap isiklus idirata-rata idari iaspek ikognitif i59,38%, iaspek iafektif i93,75% idan iaspek ipsikomotor i65,63% ipada isiklus iII. Kata iKunci i: iSepakbola, iMengoper, iMedia iDinding.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
TeacherKahar, M.Pd, IrsanNIDN09260448604
TeacherTono Palangngan, S.Pd., M.Pd, SukmawatiNIDN0908089101
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Imam Hamka Putra 1785201072
Date Deposited: 05 Jan 2023 02:39
Last Modified: 05 Jan 2023 02:39
URI: http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/2856

Actions (login required)

View Item View Item